Selamat Datang di BPS Kabupaten Kotawaringin Barat, Jl. P. Diponegoro No. 1 Pangkalan Bun Selamat Hari Statistik Nasional Visi BPS : Pelopor Data Statistik Terpercaya Untuk Semua Rangkaian Kegiatan Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Kotawaringin Barat

Keadaan Geografis

Kabupaten Kotawaringin Barat yang beribukota di Pangkalan Bun, berada di Propinsi Kalimantan Tengah dan terletak di daerah khatulistiwa diantara : 1°19’ sampai dengan 3° 36’ Lintang Selatan, 110° 25’ sampai dengan 112° 50’ Bujur Timur

Terletak di antara 3 kabupaten yaitu, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Lamandau, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Seruyan, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sukamara dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Luas wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat tercatat 10.759 km2. Dengan adanya pemekaran wilayah Kabupaten sesuai dengan UU No. 5 tahun 2002, Kabupaten Kotawaringin Barat dimekarkan menjadi 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten  Lamandau.

Seiring dengan semakin berkembangnya Kabupaten Kotawaringin Barat maka sejak tahun 2003 sesuai dengan Peraturan Daerah No. 10 tahun 2003 terjadi pemekaran kecamatan dari 4 kecamatan menjadi 6 kecamatan. Kecamatan yang mengalami pemekaran adalah Kecamatan Kumai yaitu menjadi Kecamatan Kumai, Kecamatan Pangkalan Lada dan Kecamatan Pangkalan Banteng.

Kecamatan Kumai merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah 2.921 km2 (28,13 persen dari total luas kabupaten), dan Kecamatan Pangkalan Lada merupakan kecamatan yang terkecil dengan luas wilayah 229 km2 (3,08 persen dari total luas kabupaten).

Topografis

Topografis Kabupaten Kotawaringin Barat digolongkan menjadi 4 bagian dengan ketinggian antara 0 - 500 m dari permukaan laut dan kemiringan antara 0 – 40 persen, yaitu dataran, daerah datar berombak, daerah berombak berbukit dan daerah berbukit-bukit yang terdiri dari :

Ø  Sebelah Utara adalah pegunungan dan macam tanah Lotosal tahan terhadap erosi

Ø  Bagian Tengah terdiri dari tanah Podsolik Merah Kuning, juga tahan terhadap erosi

Ø  Sebelah Selatan terdiri dari danau dan rawa Allupial/Organosal banyak mengandung air

Terdapat 3 sungai yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Barat yaitu Sungai Arut, Sungai Kumai, dan Sungai Lamandau dengan kedalaman rata-rata 5 meter dan lebar 100-300 meter.

Copyright © 2014 BPS Kabupaten Kotawaringin Barat. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.